PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA

Erningsih (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Nim 8136181007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. Nim 8136181007 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. Nim 8136181007 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. Nim 8136181007 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 3. Nim 8136181007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. Nim 8136181007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. Nim 8136181007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. Nim 8136181007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. Nim 8136181007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. Nim 8136181007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 6. Nim 8136181007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. Nim 8136181007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. Nim 8136181007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. Nim 8136181007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. Nim 8136181007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. Nim 8136181007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. Nim 8136181007 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. Nim 8136181007 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 13. Nim 8136181007 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. Nim 8136181007 BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 14. Nim 8136181007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. Nim 8136181007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) pentingnya media dalam
penyampaian materi pembelajaran agar lebih menarik; (2) belum adanya media
pembelajaran pada materi bangun datar dengan mengembangkan aplikasi
Macromedia Flash Professional dalam bentuk CD (Compact Disk); (3) Hasil
belajar siswa masih rendah dan belum mencapai KKM, (4) SDN 104258
Pematang Biara memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap tetapi tidak
dimanfaatkan; (5) Siswa sering menganggap sulit pelajaran matematika; (6)
sulitnya materi bangun datar; (7) Media yang digunakan kurang bervariasi
sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Tujuan yang hendaknya dicapai
dalam upaya pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan
bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan (research and development).
Model pengembangan yang digunakan adalah mengacu kepada Research
and Development (R&D) dari model Borg and Gall. Data penelitian dari uji
validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul
melalui angket respon guru dan siswa. Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa
melalui nilai pretes dan postes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian dari uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa
bahan ajar matematika yang dihasilkan telah valid. Hasil dari validitas ahli materi
96,45% (sangat baik), validasi ahli desain 75,44% (baik). Valiasi ahli desain
kebahasaan 93,33% (sangat baik). Hasil observasi dan angket menyatakan bahwa
perangkat pembelajaran ini praktis. Pada tahap uji efektivitas, nilai rata-rata
mengalami peningkatan sebesar 16,62% dapat diartikan bahwa nilai rata-rata hasil
belajar Matematika siswa lebih tinggi setelah menggunakan media Macromedia
Flash (Postes) di banding sebelum menggunakan media Macromedia Flash
(Prestes). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media belajar
bangun datar dengan menggukan macromedia flash untuk siswa kelas IV SDN
104258 Pematan Biara yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan
efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Ern p
Keywords: Media pembelajaran, macromedia flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 04:08
Last Modified: 09 Mar 2019 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33170

Actions (login required)

View Item
View Item