PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SMP NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Nasution, Wirdah Yanti (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn SMP NEGERI PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB 1.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis media interaktif pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis media interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model pengembangan produk Borg dan Gall. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 5 tahapan yakni : perencanaan/desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji ahli materi pelajaran PKn berada pada kualifikasi sangat layak 96,1%, (2) uji ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak 97,27 %, (3) Uji ahli perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat layak 91,07%, (4) Uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak 92,3%, (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak 93,9%, (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak 97,61% sesuai pedoman kriteria penilaian dengan persentase 76% ≤ X ≤ 100% maka model pembelajaran berbasis media interaktif layak diterapkan. Dari hasil belajar terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebesar 43,5 yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif yang lebih efektif dibandingkan dengan yang dibelajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif dengan nilai sebesar 32,46. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis media interaktif dengan tanpa model pembelajaran berbasis media interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 1,97, pada taraf signifikansi α = 0,05 ttabel = 1,69. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis media interaktif yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi19311271987031001
Thesis advisorBaharuddim, 19661231199203120
Call Number: 371.1 Nas p
Keywords: Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran, Media Interaktif
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33145

Actions (login required)

View Item View Item