PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET GEOGRAFI BERBASIS LITERASI

Ritonga, Dwi Isnainy (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET GEOGRAFI BERBASIS LITERASI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Abstrak B.Indonesia + B.Inggris.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. Bab I.docx.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran booklet geografi berbasis literasi serta mengetahui keefektifan media pembelajaran booklet geografi berbasis literasi terhadap hasil belajar siswa. Tahapan penelitian ii adalah tahapan analisis kebutuhan, tahap perencanaan media pembelajaran booklet geografi (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap ujicoba (validasi). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji ahli materi georafi berada di kualifikasi sangat baik (90,45%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (84,96%), (3) Uji ahli desain pembelajaran berada di kualifikasi sangat baik (94%), (4) Uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (94,81%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (96,06%), (6) Uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (99,52%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran booklet geografi berbasis literasi dengan yang menggunakan media pembelajaran booklet geografi berbasis literasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data thitung = 15,78 , pada taraf signifikansi α = 0.05 ttabel = 1,69. Disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet geografi berbasis literasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar geografi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHamid K, Abdul195802221981031001
Thesis advisorTanjung, Samsidar195906261986012001
Call Number: 371.12 Rit p
Keywords: Hasil Belajar Geografi, Media Pembelajaran, Booklet Berbasis Literasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 10:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33144

Actions (login required)

View Item View Item