HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PADANGSIDEMPUAN

Harahap, Ahmad Saipuddin (2009) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA PADANGSIDEMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-071188130026 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-071188130026 Abstrak.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-071188130026 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-071188130026 Bab I.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-071188130026 Bab V.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-071188130026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) hubungan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) hubungan komunikasi dengan kinerja guru, (3) hubungan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi secara bersama-sama dengan kinerja guru.Populasi penelitian ini berjumlah 106 guru dan diambil sampel penelitian sebanyak 45 guru, yang berdasarkan kepada; (1) jenjang pendidikan S-1 dan S-2, 2) Status guru yang terdiri dari PNS dan Non PNS. Sebelum dilakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen terhadap populasi diluar sampel yang berjumlah 30 guru guna untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen.Hasil uji coba angket persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah diperoleh 3 butir tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,94, angket Komunikasi diperoleh 5 butir tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,84, angket kinerja guru 5 butir tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,93.Teknik analisis yang dilakukan adalah teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,70, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan komunikasi dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,48, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,70, pada taraf signifikansi 0,05 = 5 %.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi cukup berarti /signifikan dalam mempengaruhi kinerja guru dengan koefisien 49,48 %. Hasil penelitian ini kiranya dapat bermanfaat bagi pars guru dan kepala sekolah guna peningkatan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunlcasi terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Saiful131648293
Thesis advisorLubis, Lahmuddin150236774
Call Number: 373.210 68 Har h
Keywords: Kepemimpinan; Komunikasi; Kepala sekolah; Kinerja guru
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item