PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019

PASKATASYA, DWIMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143341023 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143341023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143341023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143341023 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143341023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143341023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143341023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143341023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 182 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan simple random sampling. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS 4 dan XII IPS 5 yang berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 85 dengan standar deviasi 9,277 dimana nilai varians 86,063. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 80 dengan standar deviasi 10,160 dimana nilai varians 103,225. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 32 + 32 – 2 = 62 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,678 dan thitung sebesar 6,648. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (6,648) > ttabel (1,678 ) maka hipotesis diterima, yang berarti hasil belajar ekonomi dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Saut Maratur195608141980111001
Call Number: SK-2018 EKO 110
Keywords: Model Pembelajaran Nht, Stad, Dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33018

Actions (login required)

View Item View Item