ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP GBKP KABANJAHE T.A 2016/2017

GINTING, PRANTANA (2018) ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS VII SMP GBKP KABANJAHE T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2113311054 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2113311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2113311054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2113311054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2113311054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2113311054 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2113311054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2113311054 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2113311054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2113311054 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2113311054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2113311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP GBKP Kabanjahe tahun Ajaran 2016/2017 .Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII dan siswa kelas VII dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa sudah memenuhi 9 langkah model pembelajaran dari 14 langkah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan persentase 63%. Kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan cirri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,31. Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71,21 dan kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan cirri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHanum, Inayah195703161981031005
Call Number: SK-2018 IND 154
Keywords: Model pembelajaran, teks laporan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Mar 2019 14:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32981

Actions (login required)

View Item View Item