ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X AKUTANSI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SIHOMBING, LARIA RONAULI (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X AKUTANSI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143311027 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143311027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143311027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311027 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2143311027 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2143311027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2143311027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143311027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2143311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Sidikalang. Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilihat dari Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Akutansi dan pengambilan sampel dengan pemilihan secara acak yaitu kelas X Akutansi 1. Adapun hasil penelitian ini yaitu pada Faktor Internal dapat dilihat dari hasil penelitian angket yaitu, indikator faktor fisiologis sebesar 16,42 %, indikator kecerdasan sebesar 8,35 %, indikator bakat sebesar 6,19 %, indikator minat sebesar 19,42 %, indikator motivasi sebesar 34,03 %, indikator perhatian sebesar 15,59 %, sedangkan pada Faktor Eksternal, indikator faktor keluarga sebesar 25,85 %, indikator faktor sekolah sebesar 63,77 % dan indikator faktor masyarakat sebesar 10,38%. Faktor yang paling dominan pada kesulitan belajar siswa kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Sidikalang dalam pembelajaran bahasa indonesia yaitu, pada Faktor Internal adalah indikator motivasi dan indikator minat sedangkan pada Faktor Eksternal yang paling dominan adalah Faktor sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Thesis advisorSimaremare, Rumasi195603151984032006
Call Number: SK-2019 IND 030
Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 16:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32914

Actions (login required)

View Item View Item