UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

GULTOM, HAMIDI SATRIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MANDIRI PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6143111037 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6143111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6143111037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6143111037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6143111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6143111037 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6143111037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6143111037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6143111037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6143111037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6143111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Belajar Dribble Bola Basket Melalui Gaya Mengajar Resiprokal dan Modifikasi Bola Pada Siswa Kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan data awal hasil belajar keterampilan Dribble Bola Basket 15 siswa telah tuntas (44,11%) dan 19 siswa tidak tuntas (55,89%) dengan nilai rata-rata klasikal 44%. Dari observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran Dribble Bola Basket dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori baik (75). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (91). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran Dribble Bola Basket dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (50). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (90). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar Dribble Bola Basket maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan lembar penilian siswa yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 22 siswa (64,70%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (35,29%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 74,50. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 30 siswa (88,23%)) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa 11,76%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 84.44. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dan modifikasi bola dapat memberikan pengaruh dalam upaya meningkatkan hasil belajar Dribble Bola Basket pada siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNasution, Usman197511092003121002
Call Number: SK-2019 PJKR 033
Keywords: Dribble bola basket, gaya mengajar resiprokal, penelitian tindakan kelas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 16:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32901

Actions (login required)

View Item View Item