UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELASAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2018/2019

SAMOSIR, ELI E (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELASAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SW RIS MADUMA SUMBUL T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5132121014 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5132121014 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5132121014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5132121014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5132121014 TABLE OF CONTET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5132121014 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5132121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5132121014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5132121014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5132121014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5132121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pengelasan Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran 2018/2019. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelasan kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model STAD yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melelui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan, tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Sw Ris Maduma Sumbul terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihan berganda. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatakan hasil belajar Pengelasan. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan Tes awal adalah 20% dengan rata-rata nilai 64,38. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri maka didapat ketuntasan pada hasil belajar 73,33% dengan rata-rata nilai 73. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa baik dari ketuntasan maupun nilai rata-rata. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaranSTAD bahwa perolehan nilai semakin meningkat yaitu 86,66% ketuntasan dan nilai rata-rata 80. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas X TKR SMK Sw Ris Maduma Sumbul Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Benyamin19540615198201001
Call Number: SK-2019 MSN 005
Keywords: Model pembelajaran tipe student team achievement division (stad), hasil belajar pengelasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 15:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item View Item