ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

SIRAIT, IRMALISA (2018) ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143111030 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143111030 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143111030 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311056 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2143311056 APPEDINCES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2143111030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2143111030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Secanggang. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang difokuskan kepada guru bahasa Indonesia. Responden adalah guru bahasa Indonesia 3 orang. Analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru I sudah baik dengan persentase 90 %, guru II dalam kategori cukup baik dengan persentase 77,5 %, begitu juga dengan guru III dalam kategori cukup baik dengan persentase 72,5 %. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang sudah cukup baik.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru yang mengajar sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan cukup baik. Dari hasil penelitian dalam penerapan pendekatan saintifik, aspek 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan yang ada pada pendekatan santifik guru rata-rata hanya melaksanakan 3M yaitu mengamati, mengumpulkan informasi atau mencoba, dan mengkomunikasikan atau menyajikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pelaksanaan kegiatan pendahuluan dan penutup, guru masih belum sempurna dalam melaksanakannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBarus, Frinawaty L.198808042015042004
Call Number: SK-2019 IND 024
Keywords: Pendekatan Saintifik, Penerapan, Guru Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 14:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32871

Actions (login required)

View Item View Item