MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019

APRIYANTI, TIA (2019) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143331035 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143331035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143331035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143331035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143331035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143331035 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143331035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143331035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143331035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143331035 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 3143331035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kondisi manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, 2) Mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS¹, X IPS², X IPS³, X IPS⁴ dan X IPS⁵ di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari lima kelas, sampel ditetapkan 25% dari jumlah siswa dengan mengambil sebanyak 42 orang dari lima kelas siswa yang berjumlah 168 orang dengan cara random acak. Untuk melengkapi data, penelitian juga mewawancarai Kepala Sekolah dan guru sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi sarana sekolah (media pendidikan, perabot dan perlengkapan lain) dan prasarana (di dalam ruang kelas) SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan masih banyak perlengkapan yang harus dipenuhi dalam menunjang proses pembelajaran dan demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. 2) pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan menerapkan fungsi: perencanaan, penggerakan, penggorganisasian, dan pengawasan, demi untuk terlaksananya fungsi manajemen sarana dan prasarana di sekolah secara efektif dan efisien. Manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan meliputi proses, perencanaan, pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan, inventaris, pendistribusian, dan penghapusan. Dalam hal ini mengenai manajemen sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurman, Ali195905221986011001
Call Number: SK-2019 GEO 029
Keywords: Manajemen Sarana Prasarana dan Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Mar 2019 14:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32862

Actions (login required)

View Item View Item