YULIANTI, RETNO (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL PRAKTEK SISWA PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR SISWA DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143142020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5143142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (731kB) | Preview
3. NIM. 5143142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5143142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 5143142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5143142020 TABLES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM. 5143142020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5143142020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 5143142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
10. NIM. 5143142020 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (997kB)
11. NIM. 5143142020 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (622kB)
12. NIM. 5143142020 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
13. NIM. 5143142020 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
14. NIM. 5143142020 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (224kB)
15. NIM. 5143142020 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil praktek siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil praktek yang diajar dengan menggunakan model konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil praktek boga dasar pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar pada Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan jumlah populasi 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan 30 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rubric penilaian pengamatan dalam bentuk tabel pengamatan yang memiliki 9 aspek penilaian didalamnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data pada kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,91 dan standar deviasi 3,63 dengan tingkat kecendrungan 80 % berada pada ketegori baik. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,22 dan standar deviasi 3,81 dengan tingkat kecendrungan 76,67 % berada pada ketegori cukup. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,95 > 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2019 BOGA 006 |
| Keywords: | Make A Match, Model Konvensional, Hasil Praktek |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
| Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
| Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:42 |
| Last Modified: | 03 Sep 2025 01:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32806 |
