PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 21 MEDAN

AR, NURUL SAKINAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 21 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 4143121039_COVER.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 4143121039_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 4143121039_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 4143121039_PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4143121039_TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 4143121039_ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4143121039_TABLES.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4143121039_APPENDICS.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 4143121039_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4143121039_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4143121039_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa serta mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Materi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah Elastisitas dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-postest design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang diajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here dan kelas XI IPA 4 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing sampel dari kedua kelas tersebut berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes esai berjumlah 9 soal serta instrumen nontes yang berupa observasi aktivitas siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian dari uji t dua pihak (pretes) menunjukkan nilai thitung = 0,855 dan ttabel = 2,002, maka thitung < ttabel, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Untuk nilai dari uji t satu pihak (postes) menunjukkan nilai thitung = 8,498 dan ttabel = 1,671, maka thitung > ttabel yang berarti hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation dengan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran semakin meningkat, serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan metode Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Purwanto196605071999031001
Call Number: SK-2019 FIS 057
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Metode Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 11:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32651

Actions (login required)

View Item View Item