EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

UKHTIKHUMAYROH (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ALAT PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143121060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143121060 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143121060 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143121060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143121060 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143121060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143121060 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143121060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143121060 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143121060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143121060 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143121060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143121060 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143121060 TABLES.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143121060 APPENDICIES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143121060 APPENDICIES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143121060 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143121060 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143321014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143321014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143121060 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143121060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4143121060 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4143121060 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan alat praktikum terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest- Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA-5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA-4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik class random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk essay dengan jumlah soal sebanyak 6 soal yang telah divalidasi oleh validator. Hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 29,17 dan 28,30. Setelah diberi perlakuan, hasil postes nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 71,64 dan 63,44. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 044
Keywords: Problem based learning, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 09:50
Last Modified: 04 Mar 2020 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32597

Actions (login required)

View Item
View Item