PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

NASUTION, INDAH APRIYANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143141037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143141037 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143141037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143141037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143141037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143141037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143141037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143141037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143141037 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143141037 TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143141037 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143141037 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143141037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143141037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143141037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143141037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143141037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143141037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143141037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam memilih model pembelajaran yang diterapkan siswa dapat lebih kreatif dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri 1 Medan Tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AP 2 dan AP 3 yang terdiri dari 71 siswa. Kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kearsipan dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test siswa kelas kelas eksperimen I adalah 51,86 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 35 serta standar deviasinya 11,70. Sedangkan kelas eksperimen II nilai rata-ratanya 49,03 dengan nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 30 serta standar deviasinya 12,47. sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. Untuk pos test kelas eksperimen I (Lhitung) = 0,107 dan dari daftar uji Liliefors dengan taraf signifikan 95% dan n=36 diperoleh Ltabel = 0,148. Jadi diperoleh hasil Lhitung < Ltabel ( 0,107 < 0,148), sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test siswa kelas eksperimen berdistribusi normal. hasil belajar dengan menggunakan Mind Mapping lebih tinggi dengan persentase 63,46% sedangkan Problem Based Learning mengalami peningkatan sebesar 64,77% pada kelas kelas X AP di SMK N 1 Medan T.A. 2018/2019. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping dan problem based learning terhadap hasil belajar kearsipan kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 012
Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping; Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 27 Feb 2019 14:55
Last Modified: 05 Mar 2020 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item
View Item