PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAMBE, LINDA KHAIRANI (2019) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143111027 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143111027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143111027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143111027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 6 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 6 Medan sebanyak 120 siswa. Dalam penelitian sebanyak 25 % dari populasi yaitu sebanyak 30 0rang yang diterapkan secara acak sederhana (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas X pendekatan saintifk dan variabel Y motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan studi dokumentasi, teknik analisis data menggunaan kolerasi product moment. Adapun hasil penelitian ini bahwa pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn berpengaruh sedang. Dari data yang diperoleh dimana thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) yaitu 2,501 > 0,3438. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini diterima yaitu pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PPKn Di SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, libernidn0017096407
Call Number: SK-2019 PKN 004
Keywords: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Pembelajaran Ppkn
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF3000 By region or country
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Feb 2019 16:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32452

Actions (login required)

View Item View Item