PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BORBOR TAHUN AJARAN 2018/2019

SIAGIAN, ELSA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BORBOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3142121028 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3142121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3142121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3142121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3142121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3142121028 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3142121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3142121028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3142121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3142121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3142121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil pembelajaran sejarah di sekolah merupakan suatu mata pelajaran yang masih dianggap bosan untuk dipelajari oleh siswa. Kemudian guru belum menerapkan model pembelajaranWord Square khususnya dalam pembelajaran sejarah. Proses pembelajaran yang disampaikan membuat siswa kurang memberikan argument terhadap materi pembelajaran sejarah. Pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, siswa hanya menghafal dan mencacat apa yang diajarkan, sehingga hasil yang didapat dari proses belajar siswa masih kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model Pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Borbor tahun ajaran 2018/2019 ?Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Borbor. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII SMA Negeri 1 Borbor yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 90 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak atau random sampling, dimana kelas eksperimen adalah XII IPS 1 dan yang diajarkan dengan menggunakan Model pembelajaran Word Square dan yang diajarkan sebagai kelas kontrol adalah kelas XII IPS 2 yang diajarkan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil dari penelitian nilai rata-rata siswa pada kelas XII IPS 1 sebesar 74,7 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas XII IPS 2 adalah 60,2. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunkan uji-t dan taraf kesukaran = 0,05, dimana thitung > ttabel yaitu 3,15 > 1,671 dengan demikian dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikasi antara model pembelajaran Word Squaredengan model konvensional yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model Pembelajaran Word Square.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Najuah198308122015042001
Call Number: SK-2019 SJRH 012
Keywords: Model Pembelajaran Word Square , Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 26 Feb 2019 15:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32437

Actions (login required)

View Item View Item