SURVEI PEMETAAN PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2017/2018

ANDRIANI, NURI (2018) SURVEI PEMETAAN PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4133341064 NURI ANDRIANI COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4133341064 NURI ANDRIANI LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4133341064 NURI ANDRIANI ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4133341064 NURI ANDRIANI KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4133341064 NURI ANDRIANI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4133341064 NURI ANDRIANI DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4133341064 NURI ANDRIANI DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4133341064 NURI ANDRIANI DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4133341064 NURI ANDRIANI BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4133341064 NURI ANDRIANI BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4133341064 NURI ANDRIANI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil penilaian RPP yang disusun guru biologi dengan menggunakan instrumen penilaian RPP berbasis Kurikulum 2013; (2) Hasil penilaian penerapan pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik dengan RPP; (3) penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi; (4) pengalaman belajar pendekatan saintifik yang masih mengalami kendala (tidak dominan) pada penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi (5) solusi dalam memecahkan kendala penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru biologi kelas X dan XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 1 orang dan 112 siswa kelas X dan XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 1 orang guru biologi dan 80 siswa. Data penelitian diambil dari hasil observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kesesuaian RPP yang disusun guru biologi dengan RPP Kurikulum 2013 tergolong kategori baik dengan persentase sebesar 87,96 % (2) Kesesuaian pelaksanaan pembelajaran biologi dengan RPP tergolong dalam kategori baik dengan presentase 83%; (3) penerapan pengalaman belajar pendekatan saintifik secara keseluruhan yang dilakukan siswa tergolong kurang dengan presentase 46% dengan pengalaman belajar berupa membaca, mendengar, menyima, danmelihat; (4) Pengalaman belajar pendekatan saintifik yang tidak dominan pada pembelajaran biologi adalah mengasosiasi tergolong kategori kurang dengan presentase 9%; (5) Solusi untuk mengatasi kendala memberikan latihan kepada siswa untuk memecahkan masalah dan memberikan argumen, menggunakan media pembelajaran; memberikan reward dan menyediakan referensi belajar untuk siswa; melakukan diskusi teman sejawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, AMRIZAL198103212009121006
Call Number: SK-2018 BIO 240
Keywords: PENDEKATAN SAINTIFIK, PEMBELAJARAN BIOLOGI, SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Feb 2019 13:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32141

Actions (login required)

View Item View Item