PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A 2017/2018

PANJAITAN, CONNY CHRISANT (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133311081 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133311081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133311081 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133311081 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133311081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133311081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133311081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133311081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133311081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4133311081 BAB 1.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133311081 BAB 5.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4133311081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2) Mengetahui peningkatan kemampuan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define,design,develop,dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 pada Uji Coba 1 dan VIII-6 pada Uji Coba 2 SMP Negeri 15 Medan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Bahan Ajar untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah, angket respon siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: (a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 90% pada uji coba ke 2 (b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba ke 2 (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,03 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba 1 dan 2 (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada pada uji coba 1 25% meningkat sebesar 65% menjadi 90% pada uji coba 2. (3) respon siswa terhadap bahan ajar yg dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Hasratuddin196312311991031030
Call Number: SK-2018 MAT 085
Keywords: BAHAN AJAR; PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK; PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 21 Feb 2019 09:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32058

Actions (login required)

View Item View Item