PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIIA PEMBLAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 1 MEDAN DAN SMA NEGERI 3 MEDAN

DAULAY, HERLINA (2018) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIIA PEMBLAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 1 MEDAN DAN SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 3141121016 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text
2. NIM. 3141121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text
3. NIM. 3141121016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
4. NIM. 3141121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
5. NIM. 3141121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text
6. NIM. 3141121016 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
7. NIM. 3141121016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
8. NIM. 3141121016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
9. NIM. 3141121016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text
13. NIM. 3141121016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
14. NIM. 3141121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kretivitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Medan dan SMA Negeri 3 Medan. Populasi dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Medan dan seluruh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Medan.Pengambilan sampel secara cluster random sampling dan diperolehlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan media lingkungan (by utility) dan kelas kontrol diberi pengajaran dengan menggunakan pembelajaran yang di desain (by design). Sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 35,2 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan media lingkungandiperoleh hasil belajar siswa sebesar 83 Sedangkan untuk siswa kelas kontrol sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 33 dan setelah diberikan pembelajaran oleh guru dan melakukan post-test diperoleh rata-rata hasil belajar sejarah siswa sebesar 81,2.Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,36>2,010 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berarti terdapat Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Samsidar197811202008122002
Call Number: SK-2019 SJRH 006
Keywords: Kreativitas Guru, Media Lingkungan, Hasil Belajar Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 14:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32009

Actions (login required)

View Item View Item