PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU

Br SITINJAK, NATALIA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS IX SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143111034 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143111034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143111034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143111034 TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143111034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan spasial siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan pembelajaran Penemuan Terbimbing di kelas IX SMP Swasta Rk Deli Murni Bandar Baru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Swasta Rk Deli Murni Bandar Baru dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-B dan IX-C sebanyak 60 siswa. Kelas IX-B diberi model Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas IX-C diberi model Penemuan Terbimbing. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 15 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pos-test 71,2 dan simpangan baku post-test 12,99. Pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata pos-test 61,97 dan simpangan baku post-test 8,723. Dari analisis data post-test dengan menggunakan uji ANAVA satu arah pada taraf α = 0,05 diperoleh Fhitung = 6,7696 dan harga Ftabel = 4,01 yang ternyata Fhitung> Ftabel = 6,7696> 4,01 maka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: SK-2019 MAT 007
Keywords: KEMAMPUAN SPASIAL;PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH;PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 14:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32000

Actions (login required)

View Item View Item