PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIREGAR, JHON GUSTAPA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM(5133331014) COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM(5133331014) APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM(5133331014) ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM(5133331014) PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM(5133331014) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM(5133331014) TABLES.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM(5133331014) LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM(5133331014) ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM ( 5133331014 ) CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM(5133331014) CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM(5133331014) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM(5133331014) BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student created case stadies terhadap hasil belajar mata pelajaran elektronika dasar pada siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu Kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan X TAV 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran student created case studies sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model ekspositori yang kemudian akan diberikan post test pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post test masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai eksperimen 76,32 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 62,72. Rata-rata hasil post test untuk kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 75. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-U karena hasil analisis yang diperoleh penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat nonparametrik, berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa Zhitung = 12,8 dan Ztabel = 1,96 maka Zhitung > Ztabel (12,8 > 1,96) pada taraf signifikan 5%, berdasarkan analisis yang dilakukan penelitian ini tidak tegas dalam menolak Ho ataupun menerima Ha dan dapat disimpulkan kedua model pembelajaran baik digunakan dalam proses pembelajaran. Artinya hanya terdapat perbedaan hasil belajar elektronika dasar yang signifikan pada kelas X TAV 1 dan X TAV 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Baharuddin199612311992031020
Call Number: SK-2018 ELK 028
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN STUDENT CREATED CASE STUDIES, EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31963

Actions (login required)

View Item View Item