PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-FAIR-SHARE (TPS) DENGAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA

Imelda, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-FAIR-SHARE (TPS) DENGAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-081188830007 Pengantar.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-081188830007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-081188830007 Dafta Isi.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-081188830007 Bab I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-081188830007 Bab V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-081188830007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa dengan akar permasalahan model pembelajaran yang digunakan guru kurang relevan dan terbatasnya media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui:(1) seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematik siswa setelah pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Software Autograph; (2)bagaimana pola jawaban siswa pada tes pemahaman dan komunikasi matematik siswa, dan (3) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan media software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 9 Medan yang beijumlah 40 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan berkomunikasi matematik melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Think¬Pair-Share (TPS) dengan Media Software Autograph pada pokok bahasan transformasi. Hasil analisis data pada siklus satu adalah: (1) 75 % siswa memiliki pemahaman matematik di mana 87,5% siswa memiliki interpretasi, 82,5% siswa memiliki translasi dan 80% siswa memiliki ekstrapolasi, (2) 75 % siswa mampu berkomunikasi matematik di mana 75% siswa mampu menulis dan 87,5% siswa mampu menggambar matematik (3) hasil observasi kegiatan guru adalah balk (82,65%), (4) hasil observasi kegiatan siswa adalah balk (80%). Hasil analisis data pada sildus kedua adalah: (1) 92,5% siswa memiliki pemahaman matematik dimana 72,5% siswa memiliki interpretasi, 90% siswa memiliki translasi, dan 100 % siswa memiliki ekstapolasi, (2) 90% siswa mampu berkomunikasi matematik dimana 70% siswa mampu menulis matematik dan 87,5% siswa mampu menggambar matematik (3) basil observasi kegiatan guru adalah balk (91,76%), (4) hashl observasi kegiatan siswa adalah balk (90%), (5) respon siswa terhadap pembelajaran adalah bac, (6) Pola jawaban tes pemahaman matematik siswa: Gambar grafik benar dan lengkap (22,5%);gambar kurang lengkap (77,5%); penjelasan gambar lengkap dan benar (12,5%); penjelasan gambar kurang lengkap (87,5%). Pola jawaban tes kemampuan komunikasi matematik siswa: gambar benar dan lengkap (42,5%);gambar kurang lengkap (57,5%); penjelasan gambar benar dan lengkap (10 %);penjelasan gambar kurang lengkap (90%). Dari basil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Media Software Autograph dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematik siswa. Berdasarkan kesimpulan ini maka diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan media software Autograph untuk meningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKanarsih, M.Sc,Ed, Ph.D, Dra. Ida195009141979032002
Thesis advisorArmanto, MA, MSc, PhD, Prof. Dian196310111988031001
Call Number: 510.071 Ime p
Keywords: Siswa;Matematika;Pembelajaran;Model;Media;Media Programs (Education);Komunikasi;Kooperatif; Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item