PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI DI MAN KISARAN TAHUN AJARAN 2018/2019

HARAHAP, LIRA YONANDA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA KELAS XI DI MAN KISARAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2141140027 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2141140027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2141140027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2141140027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2141140027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2141140027 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2141140027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2141140027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2141140027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2141140027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2141140027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran seni tari dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa kelas XI MAN Kisaran Tahun Ajaran 2018/2019. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini menggunakan teori yang berkenaan dengan karakter yang terfokus pada nilai-nilai karakter dalam kajian teori dan prakter di sekolah oleh Dharma (2013: 11). Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan populasi penelitian siswa kelas XI Man Kisaran. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa, terdiri dari kelas XI IPS1 dan IPA1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan studi kepustakaan. Uji validitas dilakukan menggunakan analisis korelasi rumus Product Moment dari Pearson dengan hasil 30 butir instrumen yang valid. Reliabilitas data dianalisis menggunakan rumus Kudder-Richardson 20 (K-R 20), Uji korelasi menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian melalui uji korelasi Produkct Momentdi dapat hasil 0,67 dan α = 0,05 dan rtabel = 0,33 dengan kategori korelasi tinggi. Hal menunjukkan bahwa pembelajaran Seni Tari memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam membantu penanaman nilai-nilai karakter disiplin, komunikatif, bertanggung jawab, bekerja keras, bekerja sama dan percaya diri pada siswa dan akan semakin optimal apabila didampingi dengan metode dan model pembelajaran yang tepat. Hal ini sesuai dengan hipotesis alternatif yang menyatakan adanya pengaruh pelaksanaan pembelajaran tari dalam penanaman nilai-nilai karakter pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHENIWATY, YUSNIZAR196510211992032003
Thesis advisorRAHMAH, SITTI196909281999032002
Call Number: SK-2019 TARI 016
Keywords: Nilai-Nilai Karakter; Pembelajaran Seni Tari; Man Kisaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item View Item