MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PINTUPOHAN MERANTI T.A. 2018/2019

SIAGIAN, EYMELDA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PINTUPOHAN MERANTI T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133311057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133311057 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133311057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133311057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133311057 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133311057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133311057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133311057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133311057 CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133311057 CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133311057 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133311057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4133311057 TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4133311057 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133311057 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133311057 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133311057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133311057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133311058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133311058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133311057 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133311057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan geogebra pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Pintupohan Meranti T.A 2018/2019 yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan komunikasi matematis.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan komunikasi matematis I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis 50,2% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKKM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 69,8% (sedang) dan meningkat lagi pada TKKM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 77,5% (sedang). Untuk kemampuan komunikasi matematis per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : indikator ekspresi matematis mencapai 87%, indikator menggambar matematis mencapai 74%, dan indikator menjelaskan matematis mencapai 71%.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 065
Keywords: Komunikasi Matematis, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:26
Last Modified: 22 Apr 2019 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31879

Actions (login required)

View Item
View Item