PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TIGALINGGA T.A 2018/2019

KALOKO, AMINAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI LINGKUNGAN BELAJAR VIRTUAL EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TIGALINGGA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4142111002 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4142111002 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4142111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4142111002 PREFACE .pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4142111002 CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4142111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4142111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4142111002 TABLE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4142111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4142111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4142111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung melalui lingkungan belajar virtual edmodo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Tigalingga Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XI IPA I berjumlah 30 orang (kelas eksperimen ) diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melalui lingkungan belajar virtual edmodo dan kelas XI IPA 5 berjumlah 29 orang (kelas kontrol) diajar menggunakan model pembelajaran langsung melalui lingkungan belajar virtual edmodo. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan postest yang berbentuk essay dan berjumlah 3 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa terlebih dahulu divalidkan kepada dua dosen matematika dan satu guru matematika. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yangt diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui lingkungan belajar virtual edmodo lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) melalui lingkungan belajar virtual edmodo kelas XI di SMA N 1 Tigalingga T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIREGAR, BUDI HALOMOAN19812172008121001
Call Number: SK-2019 MAT 066
Keywords: kemampuan representasi, model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran langsung (direct instruction), virtual edmodo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31877

Actions (login required)

View Item View Item