PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

WULANDARI, PUTRI (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ASSISI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141113026_COVER.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141113026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141113026_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141113026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141113026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141113026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141113026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141113026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141113026_BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141113026_BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141113026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian anak dalam kegiatan pembelajaran, dan kurangnya pemberian reward dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Assisi T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di kelas B5 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif penelitian ini mnggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan bentuk the quivalent time sample design. Variabel bebas adalah pemberian reward dan variabel terikat adalah kemandirian anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata anak dari kelas yang diberi reward pertama dengan menggunakan pemberian stiker bintang mendapatkan nilai 1,8 dan kelas yang tidak diberi reward mendapat nilai 1,6 sedangkan nilai rata-rata dari kelas yang diberi reward kedua dengan menggunakan pemberian stiker bintang mendapat nilai 2,25 dan kelas yang tidak diberi reward mendapat nilai 1,97. Berdasarkan hasil hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian reward dengan yang tidak diberikan reward terhadap kemandirian anak. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kelas yang diberi reward dengan thitung < ttabel (1,46 < 1,729), sedangkan untuk kelas yang tidak diberi reward memperoleh nilai thitung < ttabel (1 < 1,729) dengan taraf α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa : “Terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRay, Damaiwaty195710011982032002
Call Number: SK-2019 PAUD 008
Keywords: Reward Dan Kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31750

Actions (login required)

View Item View Item