PENGEMBANGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAKU SISWA KELAS V SD BERDASARKAN BUKU CERITA

Lubis, Elfi Lailan Syamita (2018) PENGEMBANGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAKU SISWA KELAS V SD BERDASARKAN BUKU CERITA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166181005 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166181005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166181005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166181005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166181005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166181005 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166181005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166181005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166181005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166181005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166181005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya pembelajaran kosakata baku di tingkat SD. Upaya yang dilakukan dengan memberikan buku cerita yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik kelas tinggi. Hasil akhir diharapkan bahwa buku cerita dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan penguasaan kosakata baku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan penguasaan kosakata baku pada siswa kelas V SD Swasta Nurul Hasanah Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian pengembangan penguasaan kosakata baku adalah validator, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas V SD Swasta Nurul Hasanah Tembung dan objek penelitian ini adalah bahan ajar yang diimplementasikan kepada siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata baku. Instrument penelitian ini adalah tes, observasi dan validasi koesioner. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa hasil validasi ahli terhadap bahan ajar yang digunakan untuk mengembangkan penguasaan kosakata baku siswa diperoleh skor rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Untuk validasi guru bahasa Indonesia diperoleh skor rata-rata 4,52 dengan kategori baik, dan validasi siswa kelompok lapangan mendapat skor 4,75 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan untuk mengembangkan penguasaan kosakata baku siswa kelas V SD Swasta Nurul Hasanah Tembung. Selanjutnya, efektivitas hasil pengembangan penguasaan kosakata baku berdasarkan buku cerita, yang sebelum proses pengembangan dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 68,23 dan kemudian meningkat menjadi 81,28 setelah pengembangan dan hal ini sejalan dengan hasil observasi setelah pengembangan yaitu 85,12 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031011
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 3752.6 Lub p
Keywords: penguasaan kosakata baku, bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Feb 2019 09:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31712

Actions (login required)

View Item View Item