PENGARUH MOTIVASI MAHASISWA DAN PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA

Febliza, Asyti (2011) PENGARUH MOTIVASI MAHASISWA DAN PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500809425003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500809425003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500809425003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500809425003 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500809425003 Bab V.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500809425003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan suatu metode pembelajaran dan penggunaan media yang tepat agar mahasiswa mcrasa tertarik untuk belajar. Adanya motivasi dalam diri mahasiswa dalam belajar juga akan mempengaruhi hasil belajar yang dicapai oleh Mahasiswa. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran kesetimbangan dalam larutan secara inkuiri terhadap hasil belajar mahasiswa kimia, (2) Apakah terdapat pengaruh tingkat motivasi intrinsik mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa kimia, (3) Apakah terdapat interaksi antara penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran kesetimbangan dalam larutan secara inkuiri dengan tingkat motivasi mahasiswa dalam mempengaruhi hasil belajar, (4) Ranah kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan multimediainteraktif dalam pembelajaran kesetimbangan dalam larutan secara inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan kimia. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa nonreguler tingkat pertama program studi pendidikan kimia Unri tahun akademik 2010/2011 yang berjumlah 76 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi terdiri dari 20 butir pernyataan dan tes kognitif mahasiswa yang berjumlah 20 butir soal.Data dianalisis dengan General Linear Model (GLM) Univariate dengan bantuan SPSS 17.0. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan ranah kognitif yang paling terkembangkan setelah pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajaran inkuiri. Hasil analisis hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran inkuiri kesetimbangan dalam larutan terhadap hasil belajar mahasiswa kimia (p= 0,000.), (2) Motivasi intrinsik belajar mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dimana hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang dan rendah memiliki perbedaan yang sangat signifikan (p = 0,000), (3) Tidak terdapat interaksi antara multimedia interaktif dalam pembelajaran inkuiri dengan tingkat motivasi intrinsik dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, (4) Multimedia interaktif dalam pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan ranah kognitif C3 (Penerapan), C4 (analisis), dan C5(Sintesis).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 540.071 Feb p
Keywords: kimia; motivasi; interaktif; multimedia;inkuiri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item