PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA

Silitonga, Meida (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166122013 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166122013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166122013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166122013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166122013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166122013 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166122013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 8166122013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8166122013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran CTL di luar kelas dan di dalam kelas, (2) hasil belajar geografi siswa yang memiliki gaya kognitif independent dan dependent (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan partisipan sebanyak 72 orang kelas XI yang diambil secara acak klaster dari siswa SMAN 1 Sipahutar dan SMAN 1 Pangaribuan. Angket gaya kognitif dari Wittkin digunakan untuk menelusuri jenis gaya kognitif, dan Tes hasil belajar geografi dikembangkan dan di ujicoba sebelumnya untuk menguji hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik desktiptif untuk menggambarkan keadaan data. Persyaratan analisis dan uji hipotesis di uji dengan statistik inferensial. Persyaratan analisis dengan Uji liliefors dan bartlett adalah terpenuhi. Uji hipotesis melalui ANAVA 2 jalur menunjukkan hipotesis pertama diterima, hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajarn CTL di luar kelas berbeda dengan yang di dalam kelas secara signifikan (9,11> 3,98, ᾳ = 0,05). Hipotesis kedua diterima, siswa yang mamiliki gaya kognitif Field Independent memperoleh hasil belajar geografi yang berbeda dengan yang field dependent secara signifikan(4,49 > 3,98, ᾳ = 0,05). Hipotesis ketiga diterima, terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif mempengaruhi hasil belajar geografi secara signifikan (24,73 > 3,98, ᾳ = 0,05). Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent adalah strategi pembelajaran CTL di luar kelas sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajran CTL di dalam kelas. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru geografi yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran meperhatikan karakteristik siswa khusunya karakteristik gaya kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Hamonangan196212031987031002
Thesis advisorsugiarto, 196409111989031004
Call Number: 370.6 Sil p
Keywords: Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif Dan Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2019 10:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31664

Actions (login required)

View Item View Item