PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SMASH BOLAVOLI DI KELAS XI SMA HANG TUAH BELAWAN

Habibi, Muhammad Nur (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SMASH BOLAVOLI DI KELAS XI SMA HANG TUAH BELAWAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156111017 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156111017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156111017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156111017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156111017 LIST OF APPENDIXCES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156111017 REFRENCES.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar smash bolavoli. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI jurusan IPA SMA Hang Tuah Belawan, berjumlah 124 siswa yang berasal dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian untuk gaya mengajar komando terdiri dari 20 siswa dan 20 siswa untuk gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain factorial 2 X 2. Motivasi belajar siswa diukur dengan tes angket dan hasil belajar smash bola voli diukur dengan lembar portofolio. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar smash bolavoli yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar komando lebih tinggi dari pada hasil belajar smash bolavoli yang diajarkan dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar smah bolavoli siswa yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar komando = 78,3 dan rata-rata hasil belajar smah bola voli yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal = 77,0 dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel = 4,09 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memiliki motivasi tinngi yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal = 80,2 dan rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi tinngi yang diajar dengan gaya mengajar komando = 77,7 dengan Qhitung = 2,91 > Qtabel = 2,29 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2). Siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar smash bolavoli siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar komando = 77,0 dan rata-rata hasil belajar smash bolavoli siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal = 73,8 dengan Qhitung = 5,93 > Qtabel = 2,29 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2). Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar smash bolavoli. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,09.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAkhmat, Imran197309041999031002
Thesis advisorValianto, Budi196605201991021001
Call Number: 796.325 Hab p
Keywords: Gaya mengajar, Motivasi, dan Smash Bola Voli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31658

Actions (login required)

View Item View Item