PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL PADANGSIDIMPUAN

Habibah, Nur (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156191030 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156191030 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156191030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156191030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191030 BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191030 BAB V.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis teks negosiasi berbasis pegalaman dan mengetahui efektivitas produk hasil pengembangan pada kelas X MAN 2 Model Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan Borg & Gall yang dikemukakan oleh Tegeh. Produk bahan ajar yang dihasilkan berupa modul. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Produk yang dikembangkan telah layak digunakan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93,75%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,04%. Penilaian aspek kebahasaan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92,70%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria baik dengan persentase 84,16%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 87,25%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan (3 orang) memiliki kriteria baik dengan persentase 78,23%, uji coba kelompok kecil (9 orang) memiliki kriteria baik dengan persentase 84,70% dan uji coba lapanganm terbatas (20 orang) memiliki kritria sangat baik dengan persentase 91,32%. Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 80,31%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas X MAN 2 Model Padangsidimpuan pada pembelajaran menulis teks negosiasi. Implikasi dari penelitian ini adalah modul menulis teks negosiasi berbasis pengalaman membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorFardian, M. Oky197901152005011002
Call Number: 441 Hab p
Keywords: pengembangan bahan ajar, teks negosiasi, berbasis pengalaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item View Item