PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019

ARINI, NURUL (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143111038 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4143111038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143111038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143111038 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4143111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4143111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 47 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada materi pokok relasi dan fungsi. Hasil analisis data yang diberikan kepada 47 orang siswa pada kemampuan berpikir kreatif awal siswa, yaitu 5 orang siswa atau 10,6% yang telah mencapai ketuntasan, 42 orang siswa atau 89,4% belum tutas. Setelah itu dari hasil analisis data setelah pemberian tindakan siklus I diperoleh 18 siswa atau 38,9% dari 47 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dan 29 siswa lainnya atau 61,7% belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 61,71. Setelah tes kemampuan berpikir kreatif siklus II dilakukan barulah tercapai ketuntasan klasikal dan mengalami peningkatan ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa sebesar 51,06% atau 24 orang siswa dari siklus I. Dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika II diperoleh 42 siswa atau 89,36% dari 47 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan nilai rata-rata kelas 75,17. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa adalah: (1) Melatih siswa berdiskusi dalam kelompok untuk membuat hipotesis terhadap masalah yang diberikan, (2) Memberikan motivasi agar siswa mengeluarkan pendapat dan ide-ide mereka dalam menyelesaikan persoalan matematika. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFIRDAUS, MULIAWAN197905222005021004
Call Number: SK-2018 MAT 194
Keywords: INKUIRI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31407

Actions (login required)

View Item View Item