PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK PARIWISAT IMELDA MEDAN

Vionita, Suci (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI KELAS X SMK PARIWISAT IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113144040 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113144040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113144040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113144040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113144040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113144040 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113144040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113144040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113144040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113144040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa mata pelajaran anatomi fisiologi yang diajarkan dengan model konvensional di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Example Non Example di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan dan (3) pengaruh metode pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak siswa kelas X yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi dengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,60 dan standar deviasi 5,87 dengan memiliki kecenderungan nilai yang Baik sebesar 76,7%. Sedangkan pada kelas kontrol (menggunakan metode ceramah) diperoleh nilai rata-rata 66,80 dan standar deviasi 7,89 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori kurang sebesar 70%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,915 dengan ttabel pada dk = 58 yaitu sebesar 1,671. Maka nilai thitung > ttabel atau 9,915 > 1,671 yang artinya bahwa Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi di kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti, siswa pada mata pelajaran anatomi fisiologi dengan metode pembelajaran Example Non Example lebih baik dari pada hasil belajar belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRambe, Armaini196405161989032001
Call Number: SK-2018 PKK 011
Keywords: Examle No Example; Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Anatomi Fisiologi
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item