PENGARUH MODEL INKUIRI BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019

GINTING, RIBKA MEILISNA (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143121028 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143121028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143121028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143121028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143121028 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143121028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143121028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar sejarah siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian adalah Two Group Pre-test-post-test Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari dua belas kelas yaitu kelas X-MIPA 4 berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen dan kelas X - MIPA 10 berjumlah 31 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan intrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 23 soal dengan 5 option yang telah di validasi. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 33.06 dan dikelas kontrol sebesar 32.13 dan dilakukan uji t dua pihak yang membuktikan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan diadakan posttest pada kedua kelas sehingga diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen 84.31 dan pada kelas kontrol 74.03 berdasarkan uji t diperoleh bahwa thitung = 13.82 dan ttabel = 1.6708 sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDiansyah, Arfan198709082015041001
Call Number: SK-2018 SJRH 076
Keywords: Inkuiri, Audiovisual, Hasil Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item