PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

PANJAITAN, LAMTIAR (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI KELOMPOK A TK SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1142113014_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1142113014_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1142113014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1142113014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1142113014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1142113014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1142113014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1142113014_BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1142113014_BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1142113014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan ditandai dengan adanya anak yang belum mampu menyebutkan urutan bilangan (angka) 1-10, ada anak yang belum mampu membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda) 1-10, ada anak yang belum mampu menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda 1-10, ada anak yang belum mampu membedakan dan membuat dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, dan lebih banyak serta lebih sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan setelah menggunakan media gambar di TK Santa Lusia Medan tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain Pre- Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas TK A yang berjumlah 31 orang anak dengan sampel sebanyak 16 0rang anak. tehnik pengumpulan data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis (Uji-t). Hasil analisis data observasi akhir kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai (1,5027) < nilai (2,195) (homogen). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh (2,44) > (1,74). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan mengenal kosep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Santa Lusia Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Jasper195710151985111001
Call Number: SK-2018 PAUD 085
Keywords: media gambar, mengenal konsep bilangan, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31311

Actions (login required)

View Item View Item