PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII-C SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE T.A 2018/2019

BR. SINURAT, RESLI AUDINA (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII-C SMP SANTO XAVERIUS 2 KABANJAHE T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143151034_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143151034_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143151034_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143151034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143151034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143151034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143151034_BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1143151034_BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143151034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas sekolah pada kelas VIII-C di SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe T.A 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas sekolah di SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe T.A 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan post – test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang terdiri dari 8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kemadiriannya, Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik diskusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 15 dengan α = 0,05 dan n = 8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (15 > 4). Data Pre-test diperoleh rata – rata 55.625 (kurang mandiri) sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Data Post-test diperoleh rata-rata 71.875 (Kemandirian kategori sedang). Artinya rata-rata siswa setelah mendapat layanan Bimbingan Kelompok teknik diskusi lebih mandiri daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Perubahan peningkatan interval kemandirian siswa setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi sebesar 16.75 atau 29.21 %. Hal ini menunjukan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemandirian siswa kelas VIII-C SMP Santo Xaverius 2 Kabanjahe T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIrawan, Mirza198606172014041004
Call Number: SK-2018 BK 078
Keywords: KEMANDIRIAN, BIMBINGAN KELOMPOK, TEKNIK DISKUSI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item