PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TAMBUNAN, YENNI ANGGRAINI (2018) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 7142141052 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 7142141052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 7142141052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 7142141052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 7142141052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 7142141052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 7142141052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 7142141052 BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 7142141052 BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 7142141052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Tanjungbalai. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Swasta Tanjungbalai dengan Jumlah 337 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (acak) dengan jumlah sampel 85 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir soal pemanfaatan fasilitas belajar, dan 20 butir soal mengenai minat belajar, kuesioner dinyatakan reliable. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, perhitungan determinasi , dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linear berganda pada penelitian ini yaitu Y = -8, 636 + 0,598 + 0, 515 . Selain itu determinasi nilai Ajusted R Square sebesar 0, 946 atau 94, 6 % Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) Secara Uji F (Simultan) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Jhonson196111021987031001
Call Number: SK-2018 EKO 103
Keywords: Pemanfaatan Fasilitas Belajar ; Minat Belajar ; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item