PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ARSE TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HARAHAP, YESIKA THERESIA (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ARSE TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 7142141053 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 7142141053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 7142141053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 7142141053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 7142141053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 7142141053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 7142141053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 7142141053 BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 7142141053 BAB V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 7142141053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi dan motivasi belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Arse Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arse yang berlokasi di Jl. Simangambat Kec. Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 112 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang siswa.Instrumen pengumpulan data ialah angket/kuisoner dengan skala likert yang masing-masing telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Arse Tahun Pelajaran 2017/2018, diperoleh persamaan Y =2,440 + 0,506 X1 + 0,499 X2.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian bersama-sama dilakukan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan nilai thitung = 4,407 > ttabel = 2,004. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung = 4,962 > ttabel 2,004. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar siswa secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Siswa dibuktikan melalui hasil uji hipotesis secara simultan dengan nilai Fhitung = 97,108 > Ftabel 3,17. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat Pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Arse Tahun Pelajaran 2017/2018 dan hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Jhonson196111021987031001
Call Number: SK-2018 EKO 098
Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Beajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB846 Welfare theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 25 Oct 2018 09:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item View Item