PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

BUTAR - BUTAR, FRANSISCO (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141030 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141030 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jalan Sabaruddin No. 08 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 80 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 15 instrumen penggunaan media pembelajaran terdapat 15 soal yang valid . Instrumen motivasi belajar dari 15 instrumen terdapat 15 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas penggunaan media pembelajaran dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.724 >0.312 dan untuk reliabilitas motivasi belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.767 >0.312. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan penggunaan media pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,876 >1,665. Dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,991 >1,665. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 62,367. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 62,367 >3,12. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa sebesar 61,8 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanullang, Rotua SP.197303202006042001
Call Number: SK-2018 ADP 041
Keywords: penggunaan media pembelajaraan, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item