IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 028229 KECAMATAN BINJAI BARAT

SITOMPUL, AMI YUNITA (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD NEGERI 028229 KECAMATAN BINJAI BARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111004_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111004_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 1141111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111004_BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1141111004_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipemahaman guru kelas terhadap pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif sebab, peneliti ini mendeskripsikan suatu fenomena sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yang di alami oleh subjek penelitian dan menyajikan data tersebut dalam bentuk kata kata-kata dan bahasa. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di SDN 028229 Binjai Barat, yang berjumlah 10 orang guru.Instrument pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari wawancara mendalam, observasi non partisipan dan studi dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru di SDN 028229 Binjai Barat bila dilihat dari pemahaman mengenai pendekatan scientific menunjukan bahwa guru yang menjadi responden memiliki pemahaman yang baik mengenai pendekatan scientific, hanya saja pelaksanaannya masih belum maksimal. Dalam penyusunan RPP belum sepenuhnya memuat komponen yang sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu selain itu, guru juga masih belum terampil dalam membuat dan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu. Namun, pada pelaksaan pembelajaran dengan pendekatan scientific masih terdapat guru yang tidak sepenuhnya melakukan kegiatan 5 M. selain itu, guru belum menggunakan media dalam mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Nurhairani198408242009122005
Call Number: SK-2018 PGSD 459
Keywords: Pendekatan Scientific, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31113

Actions (login required)

View Item View Item