PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2018/2019

Aritonang, Nurcahaya (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4141111033 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4141111033 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4141111033 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4141111033 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4141111033 TABLES_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4141111033 ILUSTRATION_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4141111033 APPENDICES_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4141111033 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4141111033 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4141111033 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada materi SPLDV. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 37 Medan, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling acak sederhana. Sampel peneltian adalah kelas VIII-B sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas VIII-C sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian yang berjumlah 5 soal yang telah divalidkan oleh validator. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prayarat normalitas dan homogen. Pada pengujian data pretest kedua kelas, diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dari nilai hasil belajar kedua kelas diperoleh nilai thitung = 4,74, ttabel = 1,668 dan dk = 68 sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika thitung < t1. Dari perhitungan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 4,74 > 1,668. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share lebih baik daripada yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHia, Yasifati196304011989031004
Call Number: SK-2018 MAT 154
Keywords: Eksperimen semu; Think Pair Share; Numbered Heads Together
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 23 Oct 2018 10:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31081

Actions (login required)

View Item View Item