PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL STUDI EMPIRIS PADA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA

, BALQIS (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL STUDI EMPIRIS PADA SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143341015 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143341015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143341015 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143341015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143341015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 2) pengaruh praktek kerja insudtri (prakerin) terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 3) pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industry secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi interpersonal studi empiris pada SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan populasi sebanyak 95 siswa dan sampel sebanyak 49 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran dan kemampuan komunikasi interpersonal berupa angket dan untuk mengukur praktek kerja industry digunakan Nilai Sertifikat program magang T.P 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 25.0. Variable dalam penelitian ini adalah: 1) keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas menjadi kondusif, 2) praktek kerja industry adalah suatu strategi dimana setiap siswa mengalami proses belajar melalui bekerja langsung (learning by doing) pada pekerjaan yang sesungguhnya, 3) kemampuan komunikasi interpersonal merupakan kemampuan untuk melakukan komunikasi secara efektif. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y= 17,813 + 0,446X1 + 0,322X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 4,428 dengan taraf signifikan α 0,00 < 0,05 untuk hipotesis I dan untuk hipotesis II thitung = 3,096 dengan taraf signifikansi α 0,03 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh fhitung = 79,109 dengan taraf signifikansi α penelitian sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara praktek kerja industry terhadap kemampuan komunikasi interpersonal, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran dan praktek kerja industry terhadap kemampuan komunikasi interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArmayanti, Nelly19721223200812003
Call Number: SK-2018 ADP 040
Keywords: keaktifan siswa; prakerin; kemampuan komunikasi interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31014

Actions (login required)

View Item View Item