PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2017/2018

MARBUN, ESTER KEZIA CHRISTIE (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS DI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143341025 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143341025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143341025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143341025 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143341025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143341025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143341025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji T, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai dimana thitung > ttabel sebesar 3,493 > 1,672 pada taraf signifikansi 95% ( =0,05), persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4.484 > 1,672 pada taraf signifikansi 95% ( =0,05). Dan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 41,319 > 3,16. Hasil perhitungan persamaan regresi linear berganda Y = 12,239 + 0,396 X1 + 0,454 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,592. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Panca Budi Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: SK-2018 EKO 095
Keywords: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 19 Oct 2018 09:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item