PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI MAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Junita, (2009) PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI MAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188410004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410004 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410004 Bab V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188410004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui pengajaran remedial menggunakan peta konsep dan peta pikiran, dengan hasil belajar siswa menggunakan peta konsep dan dengan pengajaran remedial secara konvensional, dan 2) apakah terdapat hubungan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diajarkan remedial menggunakan peta konsep dan peta pikiran. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X IPA MAN Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok A sebanyak 32 siswa, kelompok B sebanyak 32 siswa dan kelompok C sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample (sampel bertujuan) yaitu siswa yang mengalami kesulitan belajar (memiliki nilai kurang dari 65). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal tes basil belajar yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta angket motivasi belajar siswa. Uji coba soal tes dengan menggunakan rumus product moment untuk uji validitas dan basil pengujian diperoleh rifting anima 0,528 sampai 0,675 atau lebih besar dari rmbei 0,361 serta uji KR-20 untuk uji reliabilitas diperoleh r11 sebesar 0,8% (sangat tinggi). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, teknik analisis data menggunakan uji Analisis varians (Anava) satu jalur setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas dan dilanjutkan dengan uji HSD Tukey. Hasil pengujian mengungkap bahwa: 1) terdapat perbedaan antara basil belajar kimia siswa yang diajarkan melalui pengajaran remedial menggunakan peta konsep dan peta pikiran, dengan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan peta konsep dan dengan pengajaran remedial secara konvensional, dimana Fhitung > Flaw yaitu 20,174 > 3,09 dan HSD Tukey sebesar 0,0896 yang menyatakan ada perbedaan rata-rata basil belajar dari masing-masing kelompok yaitu rata-rata gains skor kelas eksperimen A sebesar 0,77; kelas eksperimen B sebesar 0,66 dan kelas kontrol sebesar 0,53 dan 2) terdapat hubungan motivasi belajar dengan basil belajar siswa yang diajarkan remedial menggunakan peta konsep dan peta pikiran.dimana harga rhitun > r yaitu 0,580 > 0,349 serta R2 sebesar 0,3364. Kesimpulan ini memberi makna bahwa ada pengaruh pengaruh pengajaran remedial dengan peta konsep dan pets pildran terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia di MAN Kualuh Hulu tahun pembelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 541.224 071
Keywords: senior high school; remedial;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item