PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA DELI SERDANG

Asmita, Sri (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166181034 COVER.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166181034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166181034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 81661812034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166181034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166181034 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166181034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166181034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166181034 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8166181034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166181034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8166181034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dilakukan guru pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran berbasis saintifik pada tema indahnya keragaman di negeriku. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara Deliserdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). pengembangan multimedia interaktif dilakukan berdasarkan model pengembangan 4-D (four D models) dari Thiagarajan yang terdiri dari pendefenisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian adalah produk multimedia interaktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 3,85 kategori “valid”. Sedangkan Ahli media memberikan nilai rata-rata 3,52 kategori “valid” dan Ahli desain grafis memberikan nilai rata-rata 3,45 kategori “valid”. Hasil Keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan diperoleh pada uji coba I persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,37% (27 siswa) dan 15,62% (5 siswa) belum tuntas sedangkan pada uji coba II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,75% (30 siswa) dan 2 siswa (6,25%) belum tuntas. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh respon guru uji coba I sebesar 89,28% dan uji coba II 96,42%. Respon siswa uji coba I sebesar 82,43% dan uji coba II 89% dalam kategori praktis. Untuk melihat pertambahan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif dianalisis dengan menggunakan N-Gain diperoleh pada uji coba I 0,5 (sedang) dan uji coba II 0,7 (sangat tinggi)

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.2 Asm p
Keywords: Media pembelajaran, multimedia interaktif, saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30897

Actions (login required)

View Item View Item