PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK MATEMATIKA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA CERDAS BANGSA NAMORAMBE

Sari, Kartika (2017) PENGEMBANGAN ASESMEN OTENTIK MATEMATIKA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA CERDAS BANGSA NAMORAMBE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172020 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172020 TABLES.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172020 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview

Abstract

Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan penguasaan konsep matematika siswa kurang memuaskan, dan orientasi pembelajaran matematika yang terjadi selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan, sehingga siswa kurang memahami konsep dan tidak mampu memecahkan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dapat memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan perbandingan dan skala untuk siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berdasarkan masalah dengan mengacu model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 34 siswa SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe dengan empat kali pertemuan. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one group pretest-posttest design.
Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pembelajaran, buku ajar siswa, buku petunjuk guru, lembar aktivitas siswa, tes pemahaman konsep, dan instrumen asesmen otentik telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada:(i) persentase banyak siswa yang memahami konsep minimal sedang adalah 95,32% dari 34 siswa yang mengikuti tes. (ii) ketercapaian prosentase waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa adalah 18,05% kategori membaca, 35,00% kategori menyelesaikan masalah, 25,25% kategori berdiskusi dan bertanya, 10,44% kategori menarik kesimpulan, (iii) rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,54, termasuk kategori baik, (iv) respons siswa dan guru terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Sar p
Uncontrolled Keywords: pengembangan, penilaian otentik, pembelajaran berbasis masalah, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:40
Last Modified: 03 Jul 2018 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item
View Item