PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs.S MUHAMMADIYAH SEI APUNG JAYA

Lubis, Azlina (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MTs.S MUHAMMADIYAH SEI APUNG JAYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8156172007 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8156172007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8156172007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8156172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8156172007 TABLES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8156172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8156172007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8156172007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8156172007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (2) kepraktisan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (3) efektivitas bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan; (4) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D, produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan instrumen-instrumen. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-4 dan uji coba II di kelas VII-3 MTs.S Muhammadiyah Sei Apung Jaya. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan valid (2) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik yang dikembangkan praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli dan keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik memenuhi keefektifan, efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b)waktu ideal; dan c) respon siswa; (4) Adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (5) Adanya peningkatan kecerdasan emosional siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFauzi, M.Amin196406291993031001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: 510.071 2 Lub p
Keywords: Pengembangan bahan ajar, Pendekatan matematika realistik, Kemampuan penalaran matematis, kecerdasan emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jul 2018 02:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item