MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IVB SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018

HASIBUAN, KHOIRIA BAHRI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH KELAS IVB SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311029_COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311029_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143311029_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1143311029_BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311029_BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1143311029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada Subtema keragaman suku bangsa dan agama di negriku pada pembelajaran 3 di kelas IVB SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus pembelajaran. Dengan 4 tahapan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes dan lembar observasi. Hasil analisis data dari 28 orang siswa diperoleh hasil belajar siswa pada saat Pre Test terdapat 7 orang siswa yang tuntas dengan presentase 25% dan 21 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase 75% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 56,25. Peneliti menindak lanjuti pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran make a match terdapat peningkatan nilai dari sebelumnya, perolehan hasil terdapat 16 orang siswa yang nilainya mencapai ketuntasan dengan presentase 57%, sedangkan 12 orang siswa yang belum tuntas dengan presentase 43% dengan nilai rata-rata klasikal 68,57. Dari perolehan hasil sikus I peneliti menindak lanjuti ke siklus II, secara signifikan hasil belajar siswa meningkat sebanyak 25 oarang siswa yang tuntas dengan presentase 89% dan 3 orang siswa yang tidak tuntas dengan presentase 11% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 80,89. Sehingga penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku pada kelas IVB SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: SK-2018 PGSD 141
Keywords: Meningkatkat Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 12:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item