PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA ISLAM TERPADU DAAR AL ULUUM KISARAN TAHUN AJARAN 2017/2018

HASIBUAN, MUHAMMAD SABIQ (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA ISLAM TERPADU DAAR AL ULUUM KISARAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2131111036 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2131111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2131111036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2131111036 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2131111036 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2131111036 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2131111036 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2131111036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2131111036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2131111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu kuartet terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Daar Al Uluum Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 68 siswa. Dari populasi tersebut, ditentukan 34 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes produk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 65,85, sedangkan kemampuan siswa menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,15. Selanjutnya, hasil dari hipotesis menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel atau 4,13 > 2,00 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil atau Ha ditolak dan hipotesis alternatif atau Ha diterima. Artinya, media kartu kuartet berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Daar AL Uulum Kisaran. Dengan kata lain, hasil pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan media kartu kuartet lebih baik daripada hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demontration.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Thesis advisor, Basyaruddin195809041986011001
Call Number: SK-2018 IND 072
Keywords: Penggunaan, Media, Kartu Kuartet, Menulis, Teks Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 11:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30578

Actions (login required)

View Item View Item